Taukah Anda Makanan Sehat Anti-Stroke?
Orang yang mengkonsumsi banyak makanan kaya akan magnesium seperti sayuran
berdaun hijau, kacang, dan buncis memiliki risiko lebih rendah untuk terserang
stroke, demikian hasil satu studi internasional atas sebanyak 250 ribu orang.
Meskipun demikian, para penulis studi itu, yang disiarkan di American Journal
of Clinical Nutrition, tak sampai menyarankan orang
agar setiap hari mengkonsumsi asupan magnesium sebab analisis mereka dipusatkan
pada magnesium pada makanan. Mereka juga menduga ada aspek lain makanan yang
mempengaruhi temuan mereka.

“Konsumsi makanan yang kaya akan magnesium
berbanding terbalik dengan kaitan risiko stroke, terutama stroke iskemik,”
tulis pemimpin penulis studi tersebut Susanna Larsson, profesor di Karolinska
Institute di Stockholm, Swedia. Stroke iskemik adalah jenis stroke paling umum
yang disebabkan oleh gangguan aliran darah ke otak, seperti akibat penyumbatan
pada pembuluh darah.
Hasil itu menyarankan orang mengonsumsi makanan
sehat yang mengandung “magnesium seperti sayuran berdaun hijau, kacang, buncis
dan padi-padian”, ia menambahkan.
Larsson dan rekannya melakukan penelitian melalui
penelusuran bank data selama 45 tahun belakangan guna menemukan studi yang
melacak berapa jumlah magnesium yang dikonsumsi orang dan berapa banyak di
antara mereka yang menderita stroke selama masa itu.
Dalam tujuh studi yang disiarkan selama 14 tahun
belakangan, perkembangan sebanyak 250.000 orang di Amerika Serikat, Eropa dan
Asia diikuti selama rata-rata 11,5 tahun. Sebanyak 6,500 di antara mereka, atau
tiga persen, terserang stroke saat mereka mengikuti penelitian, demikian
laporan Reuters.
Untuk setiap tambahan 100 miligram magnesium yang
dikonsumsi seseorang setiap hari, risiko mereka terserang stroke iskemik –jenis
yang paling umum, yang terutama disebabkan oleh pembekuan darah– turun sebesar
sembilan persen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar